Daftar Blog Saya

19.2.12

JUDUL PENELITIAN TIK DAN RPP


JUDUL PENELITIAN TIK dan RPP
Oleh : Ajeng Tina Mulyana
7316110126
PEMANFAATAN MEDIA AUDIO DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN TENSES SISWA
a.    Latar Belakang
Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang banyak digunakan diseluruh dunia. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunan bahasa Inggris menjadi sangat vital untuk bisa dikuasai oleh setiap orang, salah satu yang harus dikuasai dalam bahasa Inggris adalah tenses.
Tenses Dalam bahasa inggris, berarti time (waktu). Tenses menunjukkan perbuatan, aktivitas, tindakan waktu sekarang, waktu lampau atau waktu akan datang. Tensesn adalah bentuk perubahan kata kerja dalam tata bahasa yang menunjukkan suatu kejadian atau perbuatan yang sesuai dengan waktu atau kejadiannya.
Tenses dalam bahasa inggris dapat digolongkan menjadi 16 bentuk waktu, yaitu :
1.     Simple Present Tense
2.    Present Continuous Tense
3.    Present Perfect Tense
4.    Present perfect Continuous Tense
5.    Simple Past Tense
6.    Past Continuous Tense
7.    Past Perfect Tense
8.    Past Perfect Continuous Tense
9.    Simple Future Tense
10.  Future continuous Tense
11.  Future Perfect Tense
12.  Future Perfect Continuous Tense
13.  Past Future Tense
14.  Past Future Continuous Tense
15.  Past Future Perfect Tense
16.  Past Future Perfect Continuous Tense
Adapun Fokus dari penelitian ini adalah simple past tense, Simple Past Tense digunakan untuk fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau. Contoh:
·         played tennis with some guys from work yesterday.
·         We stayed in Shanghai for five days.
Kata kerja simple past tense (kata kerja bentuk ke-2) yang reguler dibentuk dengan menambahkan “-ed” pada akhiran kata kerja. Contoh:
·         jump -> jumped: The dog jumped over the fence.
·         walk -> walked: I walked 22 kilometers yesterday.
·         work -> worked: We worked together as lawyers for 15 years.
Kegunaan
Simple past tense digunakan untuk menyatakan sebuah tindakan yang telah selesai dilakukan. Contoh:
·         We watched a movie at the weekend (kami menonton film di akhir pekan)
·         She arrived on Thursday (dia tiba hari Kamis)
Waktu spesifik harus dinyatakan atau diisyaratkan. Contoh:
·         I walked to work this morning - Dalam kalimat ini waktunya disebutkan
·         I walked to work - Dalam kalimat ini waktu tidak disebutkan, tetapi konteks kalimatnya dapat membuat kita memahami waktu yang dimaksud (yakni waktu lampau).
Kalimat negative
Kalimat negatif simple past tense dibuat dengan did dan notDid adalah bentuk lampau dari kata kerja to do. Did dan not sering disingkat menjadididn’t. Contoh:
·         I arrived in London on Monday -> I didn’t arrive on Sunday.
·         They stayed at the Vivaldi Hotel -> They didn’t stay at the Carlton Hotel.
Karena “did” merupakan bentuk lampau, maka kata kerja utama tidak mengalami perubahan. Contoh:
·         We didn’t live in Italy. Did adalah bentuk lampau sehingga live tidak dirubah menjadi bentuk lampau.
·         We didn’t lived in Italy. Kalimat ini tidak benar
Kalimat bertanya
Pertanyaan dibuat dengan menempatkan did sebelum subjek. Contoh:
·         You lived in Japan -> Did you live in Japan?
·         They stayed at the Vivaldi Hotel -> Did they stay at the Vivaldi Hotel?
Kata kerja utama juga tidak berubah (tidak diganti menjadi bentuk lampau), contoh:
- You lived in Japan -> Did you lived in Japan? (tidak benar)
- You lived in Japan -> Did you live in Japan? (benar)

Kata kerja tidak beraturan
Ada banyak kata kerja simple past tense yang tidak beraturan (irregular verbs) dalam bahasa Inggris, yakni tidak ditambahkan -ed. Berikut beberapa kata kerja tidak beraturan yang paling umum.

be - was/were
become - became
begin - began
break - broke
bring - brought
build - built
buy - bought
catch - caught
choose - chose
come - came
do - did
draw -drea
eat - ate
feel - felt
fight - fought
find - found
fly - flew
forget - forgot
get - got
give - gave
go - went
have - had
hear - heard
hit - hit
know - knew
learn - learnt/learned
leave - left
lose - lost
make - made
meet - met
pay - paid
read - read
ride - rode
run - run
say - said
sell - sold
send - sent
shut - shut
sing - sang
sit - sat
sleep - slept
smell - smelt/smelled
speak - spoke
stand - stood
swim - swam
take - took
teach - taught
tell - told
think - thought
understand - understood
wear - wore
win - won
write - wrote

b.    Penggunaan Media Audio dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Penggunaan media audio dalam pembelajaran tenses adalah dengan memutarkan salah satu lagu, kemudian siswa diberi tugas untuk menganalisis tenses yang terdapat dalam lagu yang diputarkan.. Berikut ini rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia
Kelas                                 : vii
Standart Kompetensi     : Mendengarkan Memahami tenses dari lagu
Waktu                               : 2 X 35 menit

Kompetensi Dasar
Mendengarkan lagu yang didengarkan dan mengisi bagian teks yang kosong serta mencari jenis tenses
A.Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat mendengarkan lagu yang didengarkan, dan mengisi bagian teks yang kosong, serta mencari jenis tenses

v  Karakter siswa yang diharapkan
·         Kerja keras dan bersahabat/komunikatif
B. Materi Pokok
·         Lagu
C. Pengalaman Belajar
·         Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi
o   Tanya jawab mengenai materi tenses
o   Mengajukan pertanyaan lewat lagu

·         Kegiatan Inti:

o   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Mendengarkan lagu (untuk soal)
§  Mencari jawaban atas soal
o   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Menceritakan mengenai isi lagu kepada siswa
o   Konfirmasi
Dala kegiatan konfirmasi guru
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru dan siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
o   Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup guru :
§  Tanya jawab, diskusi, penugasan
§  Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar
§  Siswa diberi tugas untuk mengerjakan teks lagu yang dikosongkan dan mencari tenses nya.
Skenario  Proses Pembelajaran
(1)  Sesi Pertama
Mengingatkan siswa mengenai sumber materi materi utama dalam proses   pembelajaran tenses.
(2)  Pertemuan I
            (Langkah 1-5)
§  Membentuk kelompok yang terdiri siswa, menuliskan nama kelompok sudah tersedia, dan menjelaskan secara ringkas proses pembelajaran bahasa Inggris yang akan dilakukan.
§  Mengedengarkan “lagu”. Bila perlu siswa diberikan kesempatan mengulang/ membaca sumber materi utama terlebih dahulu untuk dapat mengaitkan lagu dengan materi utama tenses.
§  Memfasilitasi, menstimulasi diskusi kelompok :
§  Dengan mengembangkan diskusi melalui pertanyaan-pertanyaan yang dianjurkan
§  Pastikan tidak ada anggota kelompok yang tidak terlibat diskusi
§  Mengingatkan siswa tentang kewajiban mengisi dan mengumpulkan tugas
SOAL :
I WILL SURVIVE~ by: CAKE

At first  i ....    afraid
i was petrified
i ... thinking

i ... never live without you by my side
but then i ... so many nights
just thinking how you... ... me wrong
and i ... strong
i ... how to get along
so now you're back
from outer space
i just ... ... to find you here
without the look upon your face
i
should have changed my stupid lock
i would have made  you leave your key
if I had known for just one second
you... ... ...  to bother me

oh now go,
walk out the door
just turn around now
you're not welcome anymore
.... you the one who ... to break me with desire

...  you think ... crumble
...  you think ... lay down and die
oh no, not i
i will survive
as long as i know how to love i know i'll be alive
I’ve got all my life to live  
I’ve got all my love to give
i will survive
i will survive
yeah, yeah

it ...
all the strength i ...
just not to fall apart
i'm trying hard to mend the pieces
of my broken heart
and i ... oh so many nights

just feeling sorry for myself
i
used to cry
but now i hold my head up high
and you see me
with somebody new
i'm not that stupid little person still in love with you
Kunci Jawaban:
I WILL SURVIVE~ by: CAKE

at first I was afraid (simple past tense)
I was petrified (past passive voice)
I kept thinking (simple past tense)
Icould never live without you by my side (simple past tense)
but then I spent so many nights (simple past tense)
just thinking how you'did me wrong (simple past tense)
and I grew strong (simple past tense)
I learned how to get along (simple past tense)
so now you're back
from outer space
I just walked in to find you here (simple past tense)
without the look upon your face
I should have changed my stupid lock
i would have made you leave your key
if
I had known for just one second
you'd be back to bother me (simple past tense)

oh now go,
walk out the door
just turn around now
you're not welcome anymore
weren't you the one who tried to break me with desire (simple past tense)
did you think
I'd crumble (simple past tense)
did you think I'd lay down and die (simple past tense)
oh no, not I
I will survive
as long as
I know how to love I know I'll be alive
I've got all my life to live
I've got all my love to give
Iwill survive
I will survive
yeah, yeah
it
took all the strength I had (simple past tense)
just not to fall apart
i'm trying hard to mend the pieces
of my broken heart
and
I spent oh so many nights (simple past tense)
just feeling sorry for myself
I used to cry
but now
I hold my head up high
and you see me
with somebody new
I'm not that stupid little person still in love with you
and so you
thought you'd just drop by (simple past tense)
and you expect me to be free
but now
I’m saving all my loving
for someone who's loving me
oh now go,
walk out the door
just turn around now
you're not welcome anymore
weren't you the one who tried to break me with desire (simple past tense)
did you think I'd crumble (simple past tense)
did you think I'd lay down and die (simple past tense)
oh no, not
I
Iwill survive
as long as i know how to love
I know I'll be alive
I've got all my live to live
I've got all my love to give
Ii will survive
I will survive
yeah, yeah 

Tidak ada komentar: